Tips Rawat Motor Skutik Di Musim Hujan

Tips Rawat Motor Skutik Di Musim Hujan
Kipas pendingin skutik

Punya skutik memang paling simpel. Tinggal gas dan rem tanpa pikir perpindahan gigi. Percikan air juga tak terlalu membasahi kaki karena ditangkis sayap. Apalagi barang bawaan bisa dikemas dalam ruang penyimpanan bawah jok, membuat jenis sepeda motor ini dinilai paling efisien.

Tetapi, menurut Jose Bimanto, Senior Technical Advicer jaringan bengkel sepeda motor Omega Motor di Jatinegara, Jakarta Timur, pengguna kadang terlalu asyik tanpa memikirkan dampaknya jika hujan lebat. ”Rajin-rajin mengecek masuknya air di boks CVT jika skutiknya belum berpendingin radiator atau masih menggunakan kipas pendingin,” ujarnya kepadaKompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Secara logika, kipas pendingin pada skutik yang mengalirkan udara untuk mendinginkan ruang CVT akan menyedot air. Perputaran yang seharusnya diisi udara malah ”direcoki” air. Jika ini dibiarkan terlalu lama, apalagi air yang masuk mengandung kotoran, puli dan belt akan selip, dan tenaga tidak tersalur dengan sempurna. Bahkan lebih jauh, suara dengung mulai terasa.

Kipas pendingin biasanya terletak di bagian kanan sepeda motor. Bentuknya seperti kipas kecil. Inilah yang menyedot udara dan dialirkan melalui CVT sebagai sistem pendinginan. Boks CVT dibikin tertutup agar terlindung dari kotoran sekaligus memaksimalkan proses pendinginan.

Solusinya, jika keseringan menerjang banjir, intip bagian bawah boks CVT. Setiap skutik pasti terdapat lubang pembuang air yang dikunci dengan penutup plastik atau karet. Buka tutup ini dan sedikit miringkan kendaraan bila perlu agar keluar semua.

Radiator
Tapi ingat, tidak semua skutik berpendingin udara seperti tips di atas. Ada juga yang sudah menggunakan radiator seperti Honda Vario. Kalau yang ini, asal rajin membersihkan kisi-kisi radiator dan menjaga agar air tak terisap filter udara, dijamin skutik akan sehat.

”Untuk membersihkan radiator, tinggal buka penutupnya, semprot dengan air. Tekanannya jangan terlalu kencang. Kotoran yang menempel di kisi-kisi radiator ini kadang menghambat aliran udara pendinginan,” jelas Jose.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory