Tips Cerdas Membeli Mobil

Jika Anda berpikir untuk membeli mobil tahun di ini, maka Anda perlu mulai perencanaan dan penganggaran. Di negeri Paman Sam, pembelian mobil merupakan pengeluaran terbesar kedua setelah rumah.

10 Tips Membeli Mobil di 2013

Agar tak kecewa karena salah mengambil keputusan, berikut ini 10 tips membeli mobil di tahun 2013, dari seorang penasehat keuangan, Tara Baukus Mello.

Tips 1: Tentukan anggaran Anda
Untuk menjaga "pos membeli mobil" tetap aman, pastikan untuk menyisihkan 20 persen dari pendapatan bulanan. Tabungan untuk membeli mobil sebesar 20 persen tersebut sudah termasuk, biaya perbaikan, perawatan, asuransi, dan tentunya pembayaran mobil Anda.

Tips 2: Mobil bekas tak selalu murah
Jangan berasumsi bahwa mobil bekas itu murah. Pasca badai Sandy, banyak konsumen kesulitan mendapatkan mobil bekas dengan harga pantas. Bahkan suku bunganya lebih tinggi dari mobil baru. Jika Anda memiliki anggaran sekitar Rp 135 juta-an, Anda bisa mempertimbangkan lagi mobil bekas atau baru yang akan Anda pilih.

Tips 3: Perhatikan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) serta pajak tahunan
Saat ini mungkin Anda memiliki daftar panjang merek mobil mungkin bisa Anda beli. Namun, perlu diperhatikan juga PPnBM dari mobil-mobil tersebut. Bahkan untuk mobil dengan harga yang sama, pajaknya bisa jauh berbeda.

Tips 4: Cari tingkat bunga terbaik sebelum pergi ke dealer
Iklan mobil dengan bunga nol persen hanyalah tipuan belaka, untuk merayu Anda agar mengunjungi dealer, sebelum mengambil keputusan. Bahkan jika Anda sudah menemukan kredit dengan bunga rasional, bisa jadi kesepakatan di dealer jadi lain persoalan. 

Untuk itu, carilah pembiayaan terpercaya dengan tingkat bunga yang masuk akal, bandingkan harga mobil dari satu dealer dengan yang lainnya, barulah Anda ambil keputusan.

Tips 5: Lihat penawaran yang berdiskon dan ber-rabat dengan bijak
Banyak mobil ditawarkan dengan potongan cash-back. Namun, ada juga yang memberikan promosi "rabat pribadi". 

Rabat pribadi biasanya diberikan pada segmen tertentu, pada waktu tertentu, seperti fresh graduate, pemilik kartu kredit bank tertentu, anggota militer, dan sebagainya. Jika Anda tahu banyak informasi mobil yang berdiskon dan ber-rabat pribadi ini, Anda bisa melakukan penghematan besar.

Tips 6: Ketahui harga faktur
Tahu harga faktur dapat menolong Anda dalam tawar-menawar harga mobil. Meski informasi harga faktur yang ada di internet tak 100 persen akurat, setidaknya angka ini memberi Anda sedikit gambaran.

Tips 7: Lupakan untuk menukar tambah
Jika Anda berencana menukar mobil lama dengan yang baru, maka Anda tidak akan mendapatkan harga yang benar-benar fair. Lebih baik jual mobil Anda terlebih dahulu. Baru setelah itu lakukan riset untuk membeli mobil baru.

Tips 8: Lakukan test drive dengan benar
Jika kemungkinan Anda akan berlama-lama dengan mobil baru Anda ini, maka pastikan semuanya cocok dan nyaman saat test drive. Alokasikan cukup waktu untuk menjajal semua fitur dan kondisi, memparkir, membawa anak-anak, mangangkut barang-barang (cargo), dan sebagainya.

Tips 9: Periksa riwayat mobil, meskipun itu mobil baru
Periksa riwayat merek-merek mobil yang ingin Anda beli. Pastikan tidak pernah mengalami problem fatal. Bahkan jika itu mobil baru sekalipun. Diprediksikan tahun 2013 ini akan ada puluhan ribu mobil rusak akibat badai Sandy.

Tips 10: Katakan tidak untuk penawaran tambahan
Jika Anda membeli mobil di dealer, maka Anda akan mendapat banyak penawaran tambahan. Lebih bijak untuk mengatakan tidak, sampai Anda benar-benar tahu apa manfaat yang ditawarkan, harga, serta kebutuhan Anda.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory