Banjir, Harga Empat Komoditas Ini Melonjak



Banjir yang terjadi di Jakarta pada Kamis (17/1/2013), menyebabkan harga komoditas melonjak. Ini diakibatkan infrastruktur jalan mengalami masalah akibat banjir.

"Banjir ini menyebabkan harga cabai, telur, daging ayam dan bawang putih mengalami kenaikan," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di kantornya, Jakarta, Senin (21/1/2013).

Menurut Gita, pihaknya sangat prihatin dengan bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya mulai dari Kamis lalu hingga saat ini. Imbasnya, kondisi logistik masyarakat cukup terganggu karena infrastruktur terkena dampak banjir.

Sebenarnya kondisi pasokan kebutuhan bahan pokok masih aman. Namun karena kondisi infrastruktur banyak bermasalah, maka sebagian logistik mengalami kenaikan harga akibat kenaikan bea transportasi. "Kalau kondisinya begini terus, logistik akan terpengaruh," tambahnya.

Hingga saat ini, pihak Kementerian Perdagangan meminta pemerintah dan menteri terkait untuk segera menyelesaikan masalah infrastruktur khususnya kondisi jalan yang tergenang air banjir agar bisa segera dilalui untuk mengirim logistik, khususnya barang kebutuhan pokok masyarakat ke masing-masing pasar. Jika transportasi aman, maka pasokan dan harga bisa stabil.

Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, harga ayam broiler menjadi Rp 27.500 per kg, ayam kampung Rp 48.800 per kg, telur ayam ras Rp 18.500 per kg, telur ayam kampung Rp 35.000 per kg, cabai keriting Rp 20.800 per kg dan cabai biasa Rp 20.700 per kg.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory