Tips Membuat CV Menarik

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan kita harus bersaing dengan ratusan maupun ribuan pelamar lainnya. Oleh karena itu, kita harus melakukan beberapa usaha ekstra pada resume Anda untuk menarik perhatian calon perusahaan.

Curriculum Vitae (CV) tidak hanya menjadi daftar pengalaman kerja, kegiatan organisasi yang dilakukan, maupun riwayat pendidikan. CV juga harus menjadi alat pemasaran untuk menjual Anda sebagai pelamar terbaik untuk posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut.

Tips Membuat CV Menarik
Curriculum Vitae

Dalam 10 detik pertama saat pihak perekrut melihat resume kita, mereka harus langsung merasa ingin mengenal lebih dekat lewat proses wawancara. Itu lah indikasi jika CV kita menarik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu resume Anda menonjol dibandingkan pelamar lainnya.

Informasi Terpenting Harus Dimuat Pertama
Jangan takut untuk melepaskan diri dari format CV standar yang sudah mulai ketinggalan zaman. Orang-orang yang meninjau resume Anda ingin membuat keputusan cepat apakah Anda akan lanjut ke tahap wawancara atau sekadar diarsipkan. Maka, sangat penting jika Anda memberi mereka informasi yang mereka butuhkan secepat mungkin di bagian awal.

Tambahkan Foto

Tambahkan foto diri Anda untuk resume agar pihak perusahaan merasa yakin bahwa Anda nyata. Sebuah foto akan membuat titik visual tentang Anda dalam diri perekrut. Bahkan, bukan tidak mungkin jika foto tersebut yang terus mengingatkan perekrut terhadap Anda.

Pemahaman Tentang Perusahaan Tujuan
Pastikan untuk surat lamaran Anda tersebut sesuai dengan posisi yang ditawarkan perusahaan. Perusahaan yang menempatkan penekanan pada pengetahuan pemohon terhadap perusahaan semakin meningkat. Untuk mempelajari perusahaan tujuan, Anda dapat mengaksesnya melalui situs mereka. Bila perlu, jelaskan dalam surat lamaran tersebut apa kontribusi yang akan Anda lakukan ketika bergabung dengan perusahaan tersebut untuk mewujudkan visi dan misi mereka.

Gunakan Bahasa Positif

Surat lamaran dan resume Anda harus berisi bahasa yang positif. Ketika berbicara tentang proyek yang belum selesai, Anda bisa mengatakan "masih dalam penyelesaian" daripada menulis "tidak selesai". Ketika menjelaskan kurangnya pengalaman atau pengetahuan dalam bidang pekerjaan tertentu, Anda bisa menulis "bersedia dan antusias untuk belajar" daripada "tidak ada pengalaman yang relevan". Hal ini tampaknya sepele tapi dari kata-kata dapat memiliki dampak besar terhadap penerimaan resume Anda oleh pihak perusahaan.

Mengkaji dan Revisi
Periksa kembali CV Anda dengan teliti. Jika memungkinkan, mintalah seorang teman untuk melihat lebih resume Anda dan meminta mereka untuk menganalisis secara kritis baik dalam pemilihan kata maupun tanda baca.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory