Tips Cara Sikat Gigi Yang Benar


Salah satu cara memelihara kesehatan gigi adalah selalu rajin menyikat gigi minimal 2X sehari. Menurut Akademi Kesehatan Gigi di Chicago, menyikat yang benar adalah dengan gerakan elliptical. Berikut tips bagaimana menyikat gigi secara benar agar terhindari dari gusi berdarah.
Tips Cara Sikat Gigi Yang Benar
  • Posisikan siku tangan yang memegang sikat gigi membentuk sudut 45 derajat. Lalu secara perlahan sikatlah gigi dengan gerakan elliptical (gerakan bulat memanjang) pada bagian luar dan dalam gigi, gigi geraham atas, bawah dan juga lidah. Gerakan naik turun justru akan melukai gusi Anda.
  • Sikatlah gigi selama kurang lebih 3 menit. Jika bingung menentukan durasinya, Anda bisa lakukan sambil mendengarkan lagu (rata-rata durasi lagu adalah 3 – 4 menit)
  • Pilih sikat gigi dengan ukuran kepala sikat yang kecil agar bisa mengakses gigi yang paling dalam. Pilih bulu yang lembut dengan ujung bulat agar tidak melukai gusi.
  • Setelah mengonsumsi makanan manis seperti coklat, permen, atau makanan ringan seperti keripik kentang, disarankan untuk langsung menyikat gigi. Hal ini baik untuk mencegah sisa makanan yang berpotensi mengendap dan membentuk plak gigi.
Demikian tips bagaimana sikat gigi yang baik dan benar. Semoga Bermanfaat.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.