Korea Utara Klaim Temukan Sarang Unicorn

Korea Utara Klaim Temukan Sarang Unicorn
Unicorn

Mungkin Anda selama ini berfikir bahwa unicorn hanya ada dalam fabel atau cerita film kartun. Atau Anda beranggapan unicorn sebagai binatang dalam mitologi. Jika berfikir seperti itu, maka ilmuan Korea Utara akan menyalahkan Anda.

Sebab, pada Kamis 29 November 2012, Kantor Berita Korea Utara (KNCA) memberitakan ilmuan dan arkeolog di negeri itu telah menemukan sarang unicorn yang dulunya menjadi tunggangan Raja Dongmyeong. Raja ini merupakan founding father kerajaan Korea, Goguryeo (37 SM-668 M).

Sarang unicorn ini diklaim telah ditemukan di dekat kuil yang terletak di Ibukota Korut, Pyongyang. Korut mengklaim di sarang itu terdapat batu persegi yang bertuliskan "Sarang Unikorn" pada pintu masuk situs itu. Meski demikian, laporan ini tidak menyebutkan lebih rinci bukti-bukti lain yang menunjukkan keberadaan unicorn.

Sebagian kalangan meragukan klaim Korut ini. Media-media Barat menduga klaim ini hanya dijadikan legitimasi pemimpin mereka, Kim Jong-un. Sebab, dengan klaim itu, Korut bisa jadi dianggap sebagai penerus sah moyang orang Korea. Dan klaim itu--minimal--bisa meyakinkan rakyatnya dalam perseteruan dengan negara tetangganya, Korea Selatan.

Media-media Barat itu merujuk berita-berita yang telah dimuat KNCA semasa Korut masih di bawah pimpinan ayah Jong-un, Kim Jong-il. KNCA pernah menulis bahwa Jong-il adalah penemu hamburger. Kita tahu makanan ini sangat populer di Amerika Serikat. Di Korut sendiri, jarang terdengar makanan ini.

Jong-il tidak hanya digambarkan sebagai pemimpin besar. KNCA juga menyebut Jong-il sebagai pegolf terbesar di dunia, yang memiliki skor 11 birdi dan 38 di bawah par saat pertama kali mencoba olahraga ini pada 1994.

Media-media Barat juga menyoroti pemberitaan seputar kematian Kim Jong-il beberapa waktu yang lalu. Saat itu, digambarkan alam menangisi kepergian Jong-il. Selain itu, masih banyak sorotan terhadap pemberitaan Korut. Intinya meragukan kredibilitasnya.

Korea Utara Klaim Temukan Sarang Unicorn
Qilin/ navercast.naver.com

Namun demikian, yang perlu menjadi catatan adalah konsep unicorn. Apakah unicorn yang selama ini dikenal oleh negara-negara Barat itu sama dengan yang dikenal ataupun dimaksudkan oleh Korea Utara. Negara Barat menganggap unicorn ini hanya makhluk dalam mitologi.

Korea Utara Klaim Temukan Sarang Unicorn
Qilin/ navercast.naver.com

Dalam mitologi Barat itu, unicorn digambarkan menyerupai kuda putih dan memiliki satu tanduk di kepalanya. Sedangkan di Korut, unicorn inidisebut Qilin. Binatang ini juga digambarkan bertubuh kuda. Namun kepalanya lebih menyerupai naga dan tubuhnya berwarna-warni. Juga ada sebuah tanduk di kepalanya.

Korea Utara Klaim Temukan Sarang Unicorn
Qilin/ navercast.naver.com

Meski demikian, benar atau tidak klaim penemuan sarang unicorn oleh Korea Utara ini? entahlah.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.