Tips Simple Merawat Motor Vespa

Tips Simple Merawat Motor Vespa

Vespa merupakan salah satu motor yang banyak digemari oleh banyak kalangan di Indonesia. Kalangan orangtua dan anak muda sampai mereka yang dekil-dekil menggemari si gambot Vespa.

Selain tampilannya yang unik dan ciamik, Vespa juga dapat memberikan kesan tersendiri bagi si pengendaranya terutama bagi pangendara Vespa antik dan retro. Si pengendara akan jauh lebih percaya diri mengendarainya.

Tapi, meski Vespa yang ada di Indonesia kebanyakan memiliki usia yang tua, untuk perawatannya tidaklah tumit. Merawat Vespa sama mudahnya seperti merawat motor-motor lainnya.

Ada 3 hal mudah yang harus selalu diperhatikan oleh pengendara Vespa. Adi, mekanik sekaligus pemilik bengkel khusus Vespa, Betawi Racing yang berada di jalan Utan Kayu, Jakarta Pusat mencoba memberikan tips mudah merawat motor Vespa agar tetap terawat. Apa saja?

1. Kontrol oli mesin dan oli samping

Tips Simple Merawat Motor Vespa

Caranya kalau oli mesin dianjurkan untuk diganti 1 bulan sekali. Tapi tergantung pemakaian motor jika setiap hari dipakai usahakan ganti 1 bulan sekali tapi kalau jarang digunakan minimal 2 bulan sekali.
Begitu juga dengan oli samping. Usahakan jangan sampai kurang.

2. Servis sebulan sekali

Ini juga tergantung pemakaian, kalau sering digunakan dengan jarak tempuh yang jauh maka dianjurkan untuk melakukan servis ringan.

Servis ringan itu seperti pembersihan blok seher yang harus dibuka kemudian dibersihin kepala sehernya.

Karburator dibersikan menggunakan bensin dan disemprot menggunakan angin.

Yang tidak kalah pentingnya mengecek busi. Busi harus dibuka dan dicek apakah sudah hitem atau belum. Usahakan membersihkan ujung busi dengan ampelas dan bensin.

3. Tali kopling

Tips Simple Merawat Motor Vespa

Biasanya kalau setingannya sudah berubah atau kurang tarik biasanya tali kopling itu sudah mau putus.

"Sebenarnya merawat motor Vespa agar tetap awet dan tidak sering mogor di jalan sangat mudah. Lakukan 3 hal ini saja sudah cukup. Meski sangat sederhana tapi 3 hal itu benar-benar dapat membantu merawat motor Vespa agar tetap prima," kata pria yang sudah 20 tahun bergelut di dunia motor Vespa ini.

pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory