Tips Mencium Hajar Aswad

Tips Mencium Hajar Aswad

Ambil waktu yang kondisi sekitar Ka'bah tidak terlalu padat.

Pastikan fisik kuat.

Jangan bawa barang berharga.

Pastikan cara berpakaian ihram benar dan kuat.

Jangan gunakan joki.

Jangan berlama-lama.

Hindari menyakiti sesama jamaah. (das)***

Doa Thawaf (Putaran ke-6)

Dibaca mulai dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani: Allaahumma inna laka ‘alayya huquuqan katsiiratan fiimaa bainii wa bainaka wa huquuqangkatsiiratan fiimaa bainii wa baina khalqik.

Allaahumma maa kaana laka minhaa faghfirhu lii wa maa kaana likhalqika fatahammalahu ‘annii waghninii bihalaalika ‘an haraamika wa bithaa’atika ‘amma’shiyatika wa bifadhlika ‘amman siwaaka yaa waasi’almaghfirah.

Allaahumma inna baitaka ‘azhiimun wa wajhaka kariim wa anta yaa allaahu haliimungkariim ‘ azhiimun tuhibbul’afwa fa’fu ‘annii.

(Ya Allah, sesungguhnya Engkau memberi beberapa kewajiban pada diriku, yang terletak di antaraku dengan Engkau dan kewajiban-kewajiban yang ada padaku dengan makhluk-Mu.

Ya Allah, apapun hak-Mu padaku, ampunilah bagiku dan apapun yang menjadi hak makhluk-Mu, hapuskanlah daripadaku. Cukupkanlah aku dengan rizki-Mu yang halal daripada yang haram, dan dengan berbuat taat pada-Mu daripada berbuat durhaka dan dengan nikmat kelebihan-Mu daripada mengharapkan orang lain selain daripada Engkau saja.

Wahai Tuhan Yang Maha Pengampun dan Engkau Maha Bijak yang sangat suka memberi ampunan, maka ampunilah aku).