Tips Menghindari Mata Lelah Karena Lama di Depan Komputer

Apabila anda tergolong orang yang menghabiskan waktu lumayan lama di depan layar komputer, pasti suatu saat akan merasa mata anda terasa lelah dan tidak nyaman. Untuk itu mungkin tips berikut mampu membantu anda untuk mengatasii lelah pada mata akibat terlalu lama duduk di depan komputer.

Tips Menghindari Mata Lelah Karena Lama di Depan Komputer

1. Jaga jarak pandang dari layar monitor

Jarak mata dengan layar monitor yang terlalu dekat selain menyebabkan mata mudah lelah juga bisa membahayakan dalam jangka panjang. Jarak yang disarankan adalah 50-100cm. Jika dengan jarak pandang ini anda mengalami kesulitan untuk melihat dan membaca tulisan yang ada di layar monitor, coba ikuti tips nomor 2 berikut.

2. Meningkatkan ukuran Windows Text Size
Pada windows 7 mempunyai sebuah opsi untuk merubah teks dan item lainnya di tampilan layar. Coba anda pergi ke desktop kemudian klik kanan dan pilih opsi “personalize” kemudian “display” maka biasanya akan ada 3 pilihan yaitu smaller, medium, and larger.


3. Kurangi kecerahan layar monitor anda
Bagi sebagian orang memang lebih suka mengatur agar layar monitor terlihat lebih cerah. Namun, jika hal tersebut dapat membuat mata anda lebih cepat lelah, mengapa tak menyesuaikannya sesuai kebutuhan saja?

Apabila anda tidak tahu cara mensetting tingkat kecerahan layar, maka buku manual yang disertakan dalam paket pembelian komputer seharusnya menjelaskan hal tersebut. Namun, jika anda tak bisa menemukannya, maka cobalah cari di google. Saya yakin apabila anda memasukkan kata kunci yang tepat maka akan muncul banyak sekali artikel berisi panduan cara mengatur kecerahan layar monitor (brightness).

4. Jika anda memakai monitor CRT sebaiknya segera beralih menggunakan lCD/LED
Mungkin anda sudah seringkal mendengar bahwa layar monitor CRT bisa menyebabkan mata minus karena sinar radiasinya. Dan konon katanya juga bisa menyebabkan terlihat lebih cepat tua karena bisa memicu terjadinya pertumbuhan uban dgn cepat akibat radiasinya yg berlebihan. Harga monitor LCD memang lebih mahal dari CRT, tapi dari segi pemakaian listrik lebih hemat karena hanya membutuhkan sekitar 30% dari kebutuhan daya listrik untuk monitor CRT. Selain itu, monitor LCD tentu lebih bersahabat dengan mata karena tidak menggunakan penembakan elektron ke layar monitor untuk menampilkan gambar.

5. Cobalah kacamata anti radiasi
Dengan kacamata anti radiasi ini akan membantu mengatasi mata cepat lelah akibat duduk di depan layar monitor. Anda bisa mengunjungi toko optik terdekat untuk membeli kacamata “anti lelah” ini.

6. Mengistirahatkan mata sejenak secara berkala
Jangan pernah anda menatap layar monitor terlalu lama, usahakan mengistirahatkan mata anda setidaknya 5 menit setiap jamnya dengan menjauh dari layar monitor. Bisa saja anda melakukan gerakan meregangkan otot pinggul, tangan, kaki, dll. Atau mencuci muka yang penting menjauh dulu dari layar monitor.

7. Pergilah ke luar
Berada di dalam ruangan sepanjang hari bukan saja mempengaruhi irama tidur anda akan tetapi juga dapat memiliki efek kurang baik pada mata anda. Paparkan mata anda ke tingkat cahaya yang berbeda dengan keluar dari dalam ruangan. Hal tersebut juga bisa menghilangkan rasa jenuh akibat aktifitas monoton yang biasa anda lakukan pada hari kerja di kantor.

Tips mengatasi mata lelah ini bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata anda dan meminimalisir efek buruk akibat berada terlalu lama di depan komputer.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory