Tips Menghindari Diare Perjalanan Pemudik

Libur lebaran telah usai. Bagi anda yang akan kembali berjibaku dengan rutinitas setelah berlebaran di kampung halaman, tentu harus dalam kondisi prima saat melakukan arus balik mudik. Perlu diingat, perjalanan arus balik hampir sama beratnya ketika anda melakukan arus mudik. Untuk itu, diperlukan stamina yang cukup segar untuk melalui perjalanan yang memakan waktu berjam-jam.

Tips Menghindari Diare di Perjalanan Bagi Para Pemudik

Ini dia tips sehat dari Kementerian Kesehatan saat anda melakukan perjalanan dan terhindar dari sakit;

1. Persiapkan diri dengan baik dengan istirahat dan tidur dengan cukup sebelum mengemudi.

2. Siapkan makanan dan minuman selama di perjalanan. Bila toh harus membeli makanan dan minuman di perjalanan, maka perhatikan penjualnya.

"Ingatlah bahwa diare dan sakit perut merupakan salah satu keluhan dari pemudik tahun 2012 beberapa hari lalu," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Tjandra Yoga Aditama, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (23/8/2012).

Tjandra meminta para pemudik untuk memperhatikan enam hal terkait kebersihan bila toh pemudik terpaksa membeli makanan dan minuman di jalan, yaitu kebersihan tempat memasak makanan, alat makan minum (kalau perlu minta dicuci ulang), tempat penyajian makanan, tempat membuang limbah makanan, dan makanan mentah (buah dan sayur) harus benar-benar dicuci bersih.

"Budayakanlah selalu CTPS (cuci tangan pakai sabun) baik sebelum makan dan juga sebelum mengolah makanan," terangnya.

3. Karena ISPA merupakan salah satu penyakit utama pada arus mudik tahun ini, maka kalau ada kerumunan banyak orang (di pelabuhan atau stasiun misalnya) maka kalau sedang batuk/pilek maka tutuplah mulut ketika batuk (dengan saputangan, atau lengan baju dll), juga sedapat mungkin jangan tertular dari mereka yang sedang batuk pilek.

4. Waktu hendak berangkat arus mudik maka kendaraan biasanya sudah di cek, baik di bengkel ataupun dicek sendiri.

"Karena arus balik juga sama jauhnya maka sebelum berangkat arus balik maka ceklah kelaikan kendaraan anda, agar aman di jalan," imbau Tjandra.

5. Periksalah kesehatan atau laboratorium untuk melihat kemungkinan dampak kelelahan mudik dan balik serta pola makan beberapa hari ini yang tidak terkontrol baik.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory