Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Di era IT seperti sekarang ini perusahaan sudah banyak yang tidak mau lagi berhadapan dengan ratusan pencari kerja yang datang, sekarang ini mereka lebih suka pencari kerja mengirimkan surat lamarannya melalui email atau surat elektronik.

Bagi para pencari kerja yang melamar, tentu melamar kerjalewat email akan sangat menolongnya guna mengirimkan surat lamaran kerja secara cepat dan efiisen. Karena mereka tidak perlu repot datang jauh-jauh yang tentu saja akan menguras tenaga dan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Akan tetapi, apakah setiap pencari kerja mengetahui tips melamar kerja lewat email ?

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Faktanya adalah, mengirimkan surat lamaran kerja melalui email atau surat elektronik tidak sama dengan surat lamaran kerja yang dikirim tertulis melalui pos. Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, ada baiknya setiap pelamar memahami dan mengerti tips melamar kerja lewat email.

Dalam posting kali ini memberikan tips melamar kerja lewat email. Dengan harapan para pembaca setia pak-sodikin online yang belum mendapatkan pekerjaan dapat segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Berikut ini adalah tips melamar kerja lewat email yang dimaksud :

Tips melamar kerja lewat email yang pertama : Singkat dan jelas
Menuliskan judul dalam surat lamaran kerja melalui email harus dengan kalimat singkat dan jelas. Sebagai contoh untuk menuliskan judul tersebut ,”Lamaran untuk Posisi Sekretaris manager”. Perhatikan juga serta jangan lupa untuk membaca dengan teliti iklan lowongan kerja yang sangat sering meminta kepada pelamar untuk mencantumkan kode tertentu dalam judul atau perihal email lamaran kerja Anda.

Tips melamar kerja lewat email yang kedua : Cantumkan foto
Jangan lupa mencantumkan foto dalam lamaran kerja Anda. Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menggunakan foto dengan tingkat resolusi yang paling baik. Justru hal tersebeut akan semakin mempersulit pihak HRD atau tim seleksi ketika akan membuka file foto Anda.

Tips melamar kerja lewat email yang ketiga : Gaya bahasa
Melamar kerja bukanlah sedang menulis artikel atau sedang ngeblog. Dalam menuliskan surat lamaran kerja, gunakan gaya bahasa yang singkat dan sederhana tetapi sangat jelas. Tidak akan ada staf HRD yang mau membuang-buang waktu serta berlama-lama guna membaca surat lamaran kerja dengan kalimat yang panjang dan bahasa yang puitis bak sastrawan. Jika Anda menulisnya hingga sampai dua halaman seperti artikel maka siap-siaplah untuk tidak menerima panggilan wawancara.

Tips melamar kerja lewat email yang keempat : Data diri lengkap
Satu hal yang tidak kalah penting adalah mencantumkan biodata. Maka cantumkan biodata Anda dengan lengkap dan berdasarkan data yang sebenar-benarnya. Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam biodata Anda misalnya adalah tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, nomor telpon genggam dan nomor telepon rumah jika ada dan data-data lain yang diperlukan untuk menjelaskan status Anda.

Sesudah mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, sangat diharapkan untuk rajin atau sering membuka email yang masuk. Hal ini untuk mengantisipasi bahwa Anda segera mendapatkan balasan dan Anda mengetahuinya. Jika Anda malas untuk membuka email maka sangat mungkin terjadi panggilan wawancara kerja yang terlambat diketahui. Dan Andapun kehilangan kesempatan untuk mendapatkan salah satu posisi yang ada dalam perusahaan yang menjadi tujuan lamaran kerja Anda.

Demikian tips melamar kerja lewat email. Semoga bermanfaat.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory