Tips Atasi Stres Setelah Liburan

Menikmati liburan Lebaran pastinya menggembirakan. Namun tidak dapat disangkal, stres bisa melanda meskipun liburan terorganisir.

Tips Atasi Stres Setelah Liburan

Acara pesta, kumpul-kumpul keluarga, dan menyiapkan makanan untuk tamu yang berdatangan, akan membuat Anda lelah terlebih karena pembantu mudik. Sebelum emosi dan kekhawatiran mengambil alih, cobalah cara berikut ini untuk menangani stres dan kecemasan:

Identifikasi penyebab spesifik stres dari liburan
Apa faktor utama penyebab stres dan kecemasan yang melanda diri Anda? Apakah keuangan atau ketegangan dengan anggota keluarga tertentu. Kemudian lakukan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah itu. Sisihkan konflik dengan anggota keluarga yang berseteru.

Lepaskan kesempurnaan
Realistis pada diri sendiri. Jangan menempatkan terlalu banyak penekanan pada kesempurnaan. Hidangan tamu dengan makanan yang kiranya mampu Anda sediakan dan tidak berlebihan.

Berbicara dengan teman dekat
Cari waktu luang untuk istirahat dan berkumpul dengan teman terdekat. Ceritakan perasaan-perasaan Anda ke teman yang bisa mendukung dalam suka dan duka.

Biarkan orang lain membantu
Jika kewalahan memasak untuk tamu yang terus berdatangan, ajaklah anggota keluarga untuk membantu. Misalnya anak-anak bisa membantu melakukan tugas sesuai usianya seperti membersihkan atau menyapu lantai. Sementara Anda menyiapkan hidangan.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.