Gunung Soputan Meletus

Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, meletus, Ahad (26/8) malam. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status letusan adalah waspada.

"Pada pukul 19.33 WITA sore tadi tampak api diam dan guguran material pijar dari puncak Gunung Soputan," kata Kepala PVMBG, Surono.

http://notifikasiku.blogspot.com/2012/08/gunung-soputan-meletus.html

Menurut Surono, Gunung Soputan telah dalam status waspada sejak satu tahun lalu. Namun, sejak sejak 23 Agustus terjadi peningkatan aktivitas. "Tingkat kegempaan naik sangat tajam," jelas Surono.

Jika aktivitas Gunung Soputan terus meningkat, maka status akan dinaikkan menjadi siaga. "Saat ini belum ada dampak, karena masyarakat berada pada jarak enam hingga delapan kilometer," tambah Surono.

Letusan terakhir Gunung Soputan terjadi pada 3 Juni 2011, dengan ketinggian asap letusan mencapai enam kilometer dari puncak gunung. Saat itu Bandara Sam Ratulangi, Manado, harus ditutup karena abu tebal yang menutupi kawasan sekitar Gunung Soputan.

"Saat itu dampak letusan tidak sampai ke pemukiman penduduk, hanya abu letusan menyebar ke segala arah. Bahkan sampai ke Bitung," ungkap Surono.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory