Bebatuan Raksasa Menjulang Berbentuk Menara Kastil

Bebatuan Raksasa Menjulang Berbentuk Menara Kastil
Unik, Di Turki Ada Batu Bebatuan Yang Berbentuk Menara Kastil

Sungguh ajaib, cara alam membentuk bebatuan menjadi wujud yang unik. Jika berlibur ke Goreme di Turki, ada bebatuan raksasa tinggi menjulang berbentuk seperti menara kastil. Luar Biasa!

Jika bertandang ke Turki, sempatkanlah ke Kota Goreme di Cappadocia. Di sana terdapat sebuah kawasan yang berisi bebatuan seperti menara kastil. Bebatuan ini terbentuk dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.

Bebatuan Raksasa Menjulang Berbentuk Menara Kastil

Beribu tahun lalu, kawasan ini merupakan daerah bebatuan. Kemudian terkena erosi dari angin dan air, sehingga kini jadilah sebuah bentuk unik seperti menara kastil. Bagian atas batu cenderung lebih keras dan kuat, demikian ditengok dari situs resmi Cappadocia.

Sedangkan, bagian bawah batu lebih mudah pecah dan rentan.Formasi batuini sungguh akan membuat siapapun yang melihat berimajinasi bahwa bentuk tersebut terlihat seperti di negeri dongeng. Bebatuan yang bernama Fairy Chimneys atau cerobong asap negeri peri ini berada di tengah Kota Goreme dan sudah menjadi taman nasional.

Bebatuan Raksasa Menjulang Berbentuk Menara Kastil

Sebenarnya, Turki memiliki banyak formasi bebatuan seperti ini. Bebatuan jenis ini tersebar di Lembah Uchisar di Urgup, Delta Avanos, di sekitar KotaCat in Nevhesir dan beberapa kota lain di Turki. Namun yang mewakili imajinasi negeri dongeng adalah Fairy Chimneys yang berada di Goreme.

Selain sudah menjadi taman nasional, formasi bebatuan ini juga sudah masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Berjalan-jalan di sekitar bebatuan jadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat sedang liburan di sini. Dikota yang terbilang kecil ini juga terdapat penyewaan sepeda dan motor.

Bebatuan Raksasa Menjulang Berbentuk Menara Kastil

Jika tak ingin bersusah mengendarai kendaraan, para pelancong bisa menggunakan bis umum untuk berkeliling kota. Tak hanya formasi batu yang jadi poin utama, matahari sorenya pun tak kalah memesona. Nikmati cahaya mentari sore yang menerobos bebatuan. Fenomena alam ini akan menjadi penutup hari yang indah di Goreme.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.