Cara Mengusir Aroma Tak Sedap di Ruangan Rumah



Rumah yang nyaman adalah yang memiliki kondisi terawat dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Namun kadang kala rumah bisa menimbulkan aroma yang kurang sedap. Baik itu berasal dari asap masakan, cucian piring, ataupun sampah organik yang belum dibuang.

Untuk menghilangkannya, Anda biasanya menggunakan pengharum ruangan yang banyak tersedia di toko. Namun efeknya hanya sementara dan wewangian sintetis bisa saja mengandung bahan kimia yang berbahaya jika terhirup anggota keluarga.

Anda pastinya menginginkan rumah yang selalu bebas dari bau, seperti yang dilansir olehSheKnows, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

Gunakan lemon
Asal dari bau yang tidak sedap biasanya berasal dari proses memasak di dapur, seperti ikan, daging, atau bawang. Anda bisa menghilangkan bau kompor dan asap masakan dengan memotong satu buah lemon menjadi dua dan merebusnya dalam panci berisi sedikit air selama beberapa menit. Uap yang dihasilkan akan menebarkan aroma lemon dan membantu menetralisir bau yang mengganggu.

Netralisir bahan kain
Bahan kain yang biasa digunakan pada furnitur, tirai jendela, dan karpet rentan terkena partikulat, residu, debu, maupun cairan yang tertumpah dan menimbulkan bau yang kurang sedap. Cara yang tepat untuk mencegah bau merasuk ke dalam rumah adalah dengan meminimalisir masuknya partikel-partikel kecil maupun debu dari luar. Biasakan untuk selalu melepas sepatu sebelum masuk ke rumah atau berjalan di karpet. Bersihkan pula karpet dan sofa dengan vacuum cleaner secara rutin setiap harinya.



Maksimalkan sirkulasi udara
Ketika cuaca terang, bukalah pintu dan jendela sesekali waktu untuk mengganti udara yang lembab di dalam rumah dengan udara yang segar dari luar. Namun jika sirkulasi udara di rumah kurang bagus, maka Anda bisa menyalakan kipas angin untuk mengundang udara yang baru memasuki rumah. Jika menggunakan filter udara, seperti exhaust fan, bersihkanlah secara berkala agar bisa berfungsi secara maksimal, minimal sebulan sekali.

Jangan mengusap noda, namun ditekan
Tumpahan sesuatu di atas bahan furnitur atau karpet, seraplah cairan dengan cara menekan dan menepuk area yang terkena dengan menggunakan handuk kecil atau kertas tisu. Tekan-tekan handuk di area yang bernoda dengan tangan atau kaki. Jangan pernah menggosok atau mengusapnya, karena hanya akan membuat cairan air atau minyak yang tumpah lebih menyerap ke dalam bahan,. Hal itu akan menjadikannya lembab dan akhirnya menimbulkan aroma tidak sedap.

Cuka
Ada cara alami untuk mengusir bau tidak sedap di rumah selain dengan pengharum ruangan yang biasa tersedia toko. Salah satunya dengan bahan dapur, yaitu cuka, yang dikenal efektif dalam menetralisir bau. Anda bisa menuangkan cuka ke dalam baskom atau panci berukuran sedang, lalu taruh dan diamkan di tengah ruangan yang berbau selama 24 jam. Pada awalnya mungkin akan tercium bau yang kecut dari cuka, namun bau yang ingin Anda singkirkan akan hilang setelah 24 jam.

Dengan aroma yang sedap, rumah pun akan terasa lebih nyaman.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.